Sabtu, 14 Februari 2009

സദന്‍ ഇന്പ് ൨ BESUSU

Visi dan misi SDN Inpres 2 Besusu Palu

Visi : Mewujudkan sekolah dan siswa yang berwawasan IPTEK, berbudi pekerti luhur, kreatif, trampil dan unggul dalam prestasi berdasarkan IMTAQ.

Misi : 1. Melaksanakan pembelajaran tuntas dan bimbingan secara efektif bagi siswa sesuai potensi masing-masing
2. Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali dirinya, sehingga dapat dikembangkan secara optimal
3. Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran Agama yang dianut dan juga budaya bangsa yang menjadi sumber kearifan dalam bertindak
4. Menciptakan suasana sekolah yang mendukung kehidupan sekolah yang berahklak mulia dan berbudi luhur
5. Peserta didik dapat mempraktekan sikap yang diharapkan oleh pendidik, berbudi pekerti dalam setisp perbuatan
6. Menumbuhkan semangat keunggulan kepada seluruh warga sekolah
7. Menerapkan KBM dan MPMBS dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan masyarakat

Dasar : Dasar program kerja Kepala Sekolah tahun pelajaran 2008/2009 mengacu pada sistim Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003, Program kerja dan kalender pendidikan tahun pelajaran 2008/2009, rapat kerja dinas pendidikan kota Palu, program kerja KUPTD Dinas pendidikan Kec. Palu timur, serta hasil rapat kerja guru dan staf pimpinan sekolah

Tujuan : Dalam mengelola dan menyelenggarakan Pendidikan sangat diperlukan/dibutuhkan adanya Program kerja Kepala sekolah yang diharapkan dapat menjadi acuan sehingga pada akhirnya semua kegiatan yang direncanakan dapat dilaksanakan secara efisien dan efektif yang bermuara pada pencapaian hasil maksimal. Pada sisi lain dapat mewujudkan optimalisasi sumber daya sekolah dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di SDN Inpres 2 Besusu.
Pendekatan :
1. Umum : a. Berorientasi pada tujuan yang berarti bahwa pelaksanaan administrasi sekolah dan hasilnya sangat bermanfaat bagi peserta didik dan guru dalam pencapaian tujuan pendidikan
b. Berorientasi pada pendayagunaan semua sumber (tenaga dana dan sarana) secara tepat guna dan berhasil guna
c. Berorientasi pada mekanisme pengelolaan administrasi sekolah yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pelaksanaan, pengendalian dan penilaian kegiatan sekolah yang dilakukan secara sistematis dan terpadu.
2. Khusus : Pendekatan khusus mengembangkan sikap transparansi/keterbukaan guna memperoleh kepercayaan masyarakat, orang tua siswa, warga sekolah dan praktisi pendidikan. Pelaksanaan administrasi sekolah merujuk pada Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) yang bertujuan untuk :
a. Memandirikan atau memberdayakan sekolah
b. Mendorong pengambilan keputusan secara partisipatif kepada semua warga sekolah (Kepala sekolah, guru, karyawan / Penjaga sekolah dan siswa), orang tua siswa dan masyarakat untuk meningkatkan mutu pendidikan.
c. Meningkatkan tanggung jawab sekolah terhadap mutu sekolah kepada orang tua, masyarakat dan pemerintah.

Bidang kegiatan yang direncanakan
A. Umum : Mengadakan rapat dengan dewan guru/Pegawai sekolah untuk
membahas :
1. Penyusunan Program Kerja sekolah
2. Menganalisis kalender Pendidikan
3. Penetapan Visi dan misi sekolah
4. Konsepsi dasar pemutuan pendidikan
5. Pembagian tugas Guru dan penjaga sekolah
6. Mengikuti rapat dinas sekolah
7. Konsultasi dengan pengawas TK/SD dan atasan tingkat kecamatan/kota
8. Koordinasi dengan komite sekolah dan wali murid

B. Kurikulum :
1. Penelaahan Kurikulum
2. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
3. Penilaian Kurikulum
4. Pengembangan Kurikulum muatan local

C. Program pengajaran :
1. Penelaahan program pengajaran
2. Rencana program pengajaran
3. Penyusunan program Pembelajaran
4. Pelaksanaan Pembelajaran
5. Pengendalian program pengajaran
6. Penilaian Program pengajaran
7. Pelaksanaan supervise pengajaran/kelas
8. Penyusunan kisi-kisi dan soal-soal semester I.II
9. Pelaksanaan evaluasi semester I dan II
10. Pencatatan nilai akhir semester I dan II serta pengisian laporan pendidikan
11. Pelaksanaan hasil analisis evaluasi semester I dan II
12. Pelaksanaan Program perbaikan dan pengayaan setiap kelas/semua mata pelajaran
13. Kenaikan kelas/pembagian raport semester I dan II
14. Penyusunan naskah UAS/UASBN
15. Pelaksanaan UASBN
16. Pencatatan nilai UASBN/UAS dan penentuan kelulusan
17. Pengisian dan penyerahan Ijazah/STL
18. Pelaporan pencapaian target kurikulum dan daya serap siswa

D. Kesiswaan:
1. Pembentukan panitia penerimaan siswa baru
2. Penerimaan siswa baru
3. Kegiatan penyesuaian diri siswa baru
4. Bea siswa
5. Mutasi siswa
6. Penata pelaksanaan kesiswaan
7. Pembina kesiswaan

E. Kepegawaian :
1. Perencanaan kebutuhan pengadaan guru dan pegawai tata usaha
2. Pengusulan KGB dan kenaikan pangkat/tingkat guru dan pegawai tata usaha
3. Pembinaan dan pengembangan karier, profesi dan kesejahteraan
4. Ketatalaksanaan tenaga kependidikan
5. Memelihara dan meningkatkan hubungan kekeluargaan
6. Penilaian DP3

F. Sarana / Prasarana :
1. Merencanakan identifikasi kebutuhan
2. Usul pengadaan sarana sesuai kebutuhan
3. memelihara barang yang bergerak dan yang tidak bergerak
4. usul rehabilitasi gedung/ruang kelas
5. Mengusulkan bangunan perpustakaan sekolah
6. Mengatur perpustakaan sekolah dan fasilitas alat peraga
7. Memelihara kebersihan sekolah (7K)
8. Layanan usaha kesehatan sekolah (UKS)

G. Keuangan :
1. Penyusunan RAPBS
2. Kegiatan perncanaan
3. Sumber keuangan, penganggaran dan pengalokasian
4. Pemanfaatan, Pembukuan, Pertanggung jawaban dana
5. Menerima dan menyalurkan gaji guru dan pegawai
6. Pemeriksaan dan pengawasan

H. Humas dan peran serta masyarakat :
1. Mengidentifikasi potensi masyarakat untuk berperan serta dalam pelaksanaan program pendidikan
2. Mengadakan rapat, Pengurus komite dan orang tua siswa
3. Mengadakan rapat berkala dengan orang tua siswa kelas I dan kelas VI
4. Menyebarluaskan informasi kepada masyarakat tentang berbagai kegiatan pendidikan disekolah
5. Pendataan anak diusia sekolah (wajar) melalui kerjasama dengan lurah, komite dan masyarakat
I. Intra kurikuler :
1. Mengikuti kegiatan KKKS
2. Mendorong dan memfasilitasi guru dalam mengikuti KKG
3. Mengikut sertakan guru dalam kegiatan pelatihan/penataran
4. mendorong guru untuk mengikuti penyeteraan dari DII ke S1
J. Ekstra kurikuler :
1. Pramuka / PMR
2. Pembinaan Olahraga
3. Pembinaan Kesenian
4. Pelaksanaan wawasan wiyata mandala
K. Pelaporan :
1. Laporan bulanan, Kuesioner, Insidentil dan laporan tahunan
2. Laporan pelaksanaan semester I dan II
3. Laporan awal calon peserta UASBN/UAS
4. Laporan akhir pelaksanaan UASBN/UAS
5. Laporan hasil kelulusan pelaksanaan UASBN/UAS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar